Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beginilah Cara Sukses Bisnis Usaha Mainan Anak

Beginilah Cara Sukses Bisnis Usaha Mainan Anak
Ilustrasi Usaha Mainan Anak

Salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha adalah banyaknya jumlah target pasar yang dijajaki. Dan salah satu usaha yang memiliki kriteria ini adalah usaha mainan anak. Menurut data dari Badan Pusat Statistik dari 272 Juta penduduk Indonesia 85 Juta Diantaranya adalah anak-anak. Angka yang potensial untuk di maksimal kan oleh pelaku industri.

Dari sisi behavior anak-anak menunjukkan sikap konsumtif pada mainan-mainan yang mereka sukai. Dalam rentang waktu sebentar mereka sudah bosan dan meminta orang tuanya membelikan mainan baru. Di kaji dari sisi demografis usaha mainan anak bisa menyasar banyak kelompok umur dan jenis kelamin.

Lalu, bagaimana caranya untuk meraih cuan maksimal di bisnis mainan anak ini ? Simak ulasan berikut:

Beginilah Cara Sukses Bisnis Usaha Mainan Anak

Ketahui Jenis Mainan Anak-anak

Sebelum terjun secara real dalam usaha ini, kita perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jenis-jenis mainan dan karakteristiknya

Mainan Edukasi

Mainan edukasi adalah jenis mainan yang ditunjukkan untuk sarana mendidik dan memiliki unsur hiburan yang cocok untuk anak. Mainan edukasi masih terbagi dalam bentuk lainnya seperti Lego, puzzle, flash card, alat musik mini dan sebagainya. Untuk modal awal bisa dengan nominal 500.000 hingga 3.000.000 Rupiah.

Boneka

Berbisnis soal mainan, maka kita tok boleh melupakan boneka dalam list. Boneka sudah ada dari berabad-abad tahun yang lalu dan menjadi primadona bagi anak-anak dari lintas generasi, lintas umur dan lintas dunia. Bahkan boneka terus berevolusi menyesuaikan zaman. Alasan boneka banyak disukai karena bentuknya mirip lucu, mirip tokoh terkenal dan bisa dijadikan teman.

Mainan Tradisional

Indonesia sendiri memiliki mainan tradisional yang asyik dan perlu dilestarikan salah satu caranya adalah memproduksi dan menjualnya. Ada banyak jenis mainan tradisional seperti kapal otok-otok, gasing, layangan atau kelereng masih digandrungi masyarakat. Biasanya dijual pas momen pasar rakyat, pusat pameran budaya dan sebagainya.

Action Figure

Jika kebanyakan mainan itu lebih diminati anak-anak, berbeda dengan action figure ini, pemburunya bukan hanya anak-anak tapi juga orang dewasa karena memiliki nilai historis yang tinggi. Action figure sendiri adalah bentuk mainan yang menyerupai seorang figur seperti superhero dan karakter anime. Harga 1 unit mainan ini bisa mencapai jutaan rupiah, fantastis bukan ?

Pilihlah Lokasi Strategis

Setelah mengetahui jenis-jenis mainan anak dan tahu ingin fokus kemana, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi yang strategis. Tempat-tempat yang ramai lalu lalang orang adalah spot yang ideal. Contohnya seperti didekat jalan raya, pusat bisnis, mall-mall, sekolah dan sekitarnya.

Setiap tempat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan ingat ketersediaan modal juga menentukan dimana kita memilih tempat berjualan mainan.

Memahami Target pasar

Ada banyak sekali jenis mainan dan dari tahun ke tahun terus berkembang. Ini juga perlu perhatian dari pelaku usaha untuk memahami target pasar. Siapa yang ingin dituju dari usaha mainan anak ? Apakah anak-anak, orang dewasa, laki-laki ataupun perempuan. Semua memiliki preferensi masing masing-masing dalam memilih mainan.

Contohnya bila kita ingin menyasar anak perempuan, yang dijual bisa mainan boneka. Karena perempuan suka mainan yang lucu. Jika menyasar orang dewasa, tentu akan lebih tepat menjual action Figures karena permintaan tinggi dan harganya lebih mahal dari pada jenis mainan lain.

Mencari Supplier

Bila kita bisa memproduksi mainan sendiri tentu mencari supplier tidak diperlukan, namun bila kita hanya fokus menjual mainan maka mencari supplier adalah kewajiban. Tenang di marketplace-marketplace terkenal seperti Tokopedia/Shopee banyak pilihan support berkualitas yang menawarkan banyak produk mainan dan harga khusus reseller. Dengan begini kita bisa menjual kembali mainan dengan keuntungan yang diinginkan.

Supplier yang bagus tentunya akan berdampak positif pada kelanjutan usaha mainan.

Cara Promosi Usaha Mainan anak

Sebenarnya untuk promosi tidak terlalu beda dengan usaha yang lain. Seperti mencari yang ramai lalu lalang orang utamanya anak-anak. Mereka biasanya melihat etalase terlebih dahulu, kemudian memilih mainan favoritnya.

Promosi via brosur, spanduk atau pamflet juga bisa dilakukan. Untuk via online manfaat fungsi ads media sosial dan marketplace. Menjual mainan bisa dilakukan dengan beragam cara. Dan secara permintaan relatif stabil.

Momen yang bagus untuk berjualan mainan anak

Ada banyak momen yang tepat untuk memasarkan mainan seperti saat liburan sekolah, liburan hari raya, liburan akhir tahun dan saat pesta rakyat. Biasanya para orang tua mengajak anaknya keluar berlibur dan membelikan hadiah. Berikan penawaran potongan harga, buy 1 get 1 ataupun membership untuk menarik minat anak.

Sumber Gambar Utama : Denpasarkota.go.id

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Isyta AK
Posted by : Isyta AK

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Beginilah Cara Sukses Bisnis Usaha Mainan Anak"